Kamis, 07 April 2011

membuat program clayen server

hmmmmm, aku dah dapat cra membuat program klayen server di vb.., dan langsung ku kopas di blog ini
dari pada di simpan di komputer yang rawan akan kehilangan data mending di simpan di blog 
ok kita mulai tutorial nya
 sSide 1. Buatlah sebuah form dalam Visual Basic (VB) untuk sisi server, selanjutnya masukkan beberapa komponen sehingga tampilan menjadi seperti gambar dibawah, adapun komponen yang dibutuhkan dapat dilihat pada tabel dibawah gambar. 

Selanjutnya ketikkan code dibawah ini kedalam komponen objek yang mengalami event/action pada tabel diatas, diantaranya objek Form, commandbutton dan Winsock. Private Sub cmdSend_Click() Dim s As String s = Text2.Text sckServer.SendData Text2.Text List1.AddItem Text2.Text Text2.Text = "" Text2.SetFocus End Sub Private Sub Form_Load() sckServer.Close sckServer.LocalPort = 6666 sckServer.Listen End Sub Private Sub sckServer_ConnectionRequest(ByVal requestID As Long) sckServer.Close sckServer.Accept (requestID) Text1.Text = sckServer.RemoteHostIP End Sub Private Sub sckServer_DataArrival(ByVal bytesTotal As Long) Dim thedata As String sckServer.GetData thedata List1.AddItem thedata End Sub 3. Simpan project yang anda buat pada folder tersendiri, beri nama prjServer untuk nama projectnya dan FrmServer untuk formnya. Client Side 1. Buatlah sebuah form dalam Visual Basic (VB) untuk sisi client, selanjutnya masukkan beberapa komponen sehingga tampilan menjadi seperti gambar dibawah, adapun komponen yang dibutuhkan dapat dilihat pada tabel dibawah gambar.


Selanjutnya ketikkan code dibawah ini kedalam komponen objek yang mengalami event/action pada tabel diatas, diantaranya objek Form, commandbutton dan Winsock. Private Sub cmdConnect_Click() sckClient.Close sckClient.RemoteHost = Text1.Text sckClient.RemotePort = Text2.Text sckClient.Connect End Sub Private Sub cmdSend_Click() sckClient.SendData Text3.Text List1.AddItem Text3.Text Text3.Text = "" Text3.SetFocus End Sub Private Sub sckClient_DataArrival(ByVal bytesTotal As Long) Dim data As String sckClient.GetData data List1.AddItem data End Sub 3. Simpan project yang anda buat pada folder tersendiri, beri nama prjClient untuk nama projectnya dan FrmClient untuk formnya. 

0 komentar: